MANFAAT PENCIPTAAN TUMBUHAN BAGI MANUSIA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM


A.      Latar Belakang
Global warming merupakan hasil reaksi dari gas rumah kaca dan berbagai aktivitas manusia. Global warming ada di depan mata kita, mengancam kehidupan manusia dan berbagai kekayaan alam yang ada, panasnya matahari akibat dari pemanasan global membuat tumbuhan kering kerontang dan sulit tumbuh dengan subur, hewan kekurangan air untuk minum karena sungai yang kering dan panas yang tinggi menyebabkan suhu yang tinggi.
Banyak tumbuhan, hewan dan manusia yang mati karena kekurangan air, salah satu akibat dari global warming. Gas rumah kaca terdiri dari beberapa gas, termasuk gas karbondioksida (CO2), dan secara alami tumbuhan dapat menyerap dan merubah CO2 dengan berbagai tahapan menjadi oksigen yang kemudian dikembalikan ke udara.
Dalam satu tahun, tumbuhan mampu menyerap CO2 setara dengan jumlah gas yang dihasilkan ketika Anda berkendara dengan mobil, 26.000 mil. Simak dengan baik beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia di bawah ini:

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia
1.    Tumbuhan membersihkan udara
Telah disampaikan sebelumnya, jika tumbuhan dapat membantu menyerap gas karbondioksida dan merubahnya menjadi oksigen untuk dilepaskan kembali ke udara. Tumbuhan dapat membersihkan udara yang kotor, yang mana disebabkan oleh polusi udara asap kendaraan bermotor, asap rokok, gas-gas jahat yang meliputi nitrogen, amonia, sulfur dioksida dan ozon dan menyaring debu atau kotoran di udara, mengikatnya pada daun dan ranting.

2.    Tumbuhan membuat lingkungan sejuk
Manfaat tumbuhan bagi manusia yang patut Anda syukuri adalah membuat lingkungan sejuk dan tetap sehat. Temperatur udara yang tinggi akibat reaksi pemanasan global di Los Angeles mencapai 6°F dan dengan ditanamnya berbagai macam tumbuhan, sedikit demi sedikit udara menjadi lebih sejuk dan segar. Udara yang tercemar oleh polusi dapat dijernihkan kembali oleh hembusan angin yang menyentuh dedaunan.

3.    Tumbuhan bisa dikonsumsi
Manfaat tumbuhan bagi manusia utamanya, tidak lain adalah untuk dikonsumsi. Tumbuhan merupakan sumber protein nabati, sumber karbohidrat, lemak, vitamin, serat dan berbagai senyawa aktif lainnya yang dibutuhkan oleh manusia untuk tetap hidup dengan raga yang sehat. Mengkonsumsi tumbuhan dari berbagai jenis tumbuhan yang ada tentunya jauh lebih baik dan sehat dibandingkan dengan tidak melakukannya sama sekali.
Tumbuhan, baik yang memiliki daun maupun yang tidak memiliki daun dapat diolah dengan berbagai resep, menjadikannya sebuah kombinasi makanan yang lezat dan bergizi. Tumbuhan menjadi komponen yang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia, dengan mengkonsumsi banyak makanan yang berserat, pencernaan lebih lancar, kulit jauh lebih sehat dan cantik dan permasalahan rambut pun teratasi.

4.    Tumbuhan melindungi dari sinar matahari
Tumbuhan bisa menjadi payung, dikala Anda merasa panas atau berlindung dikala Anda kehujanan. Sinar matahari dan air hujan, keduanya tidak baik untuk kesehatan, terutama jika kadar yang didapatkannya tinggi.
Sinar matahari dapat merusak rambut dan kulit bahkan menyebabkan kanker kulit, sedangkan air hujan dapat membuat tubuh demam, flu dan kedinginan. Maka dari itu, biasakanlah diri Anda untuk menanam tumbuhan dengan berbagai jenis dan manfaat di pekarangan rumah Anda.

5.    Tumbuhan bisa membawa kehidupan
Manfaat tumbuhan bagi manusia yang perlu selalu Anda ingat adalah tumbuhan membawa kehidupan. Coba Anda bayangkan jika tidak ada tumbuhan di dalam kehidupan manusia?, manusia akan mudah terserang penyakit karena diabetes, obesitas dan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kurangnya konsumsi tumbuhan.
Tumbuhan membawa kehidupan, bagi manusia maupun hewan yang membutuhkan tumbuhan sebagai pasokan makanan mereka. Tidak ada tumbuhan, maka tidak akan ada rantai makanan yang berjalan.         

Tumbuhan Dalam Perspektif Islam
Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Allah yang memiliki banyak sekali manfaat. Tumbuh-tumbuhan dapat memunculkan beberapa zat untuk dimanfaatkan oleh makhluk hidup lainnya, misalnya mulai beberapa vitamin-vitamin, minyak dan masih banyak lainnya. Dalam firman-Nya Allah menjelaskan.
QS Al-an’am : 99
وَهُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُتَرَاكِبًا وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّاتٍ مِنْ أَعْنَابٍ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۗ انْظُرُوا إِلَىٰ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَيَنْعِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكُمْ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.(QS Al-An’am: 99)

 

SUMBER :

http://www.andasehat.com/kenali-5-manfaat-tumbuhan-bagi-manusia/


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar