Proposal Bisnis Plan "Butik"

Add caption

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Bisnis
Bisnis ditengah persaingan yang semakin mengglobal disegala bidang, menuntut manusia untuk memiliki kemampuan bersaing. Selain dibutuhkan pemikiran yang solutif dan ide-ide yang inovatif, penampilan merupakan salah satu kunci penting yang harus diperhatikan bagi setiap manusia. Sesuai dengan kata pepatah “You are what You wear” yang artinya manusia dilihat dan dinilai pertama kali oleh orang lain dari segi visual termasuk cara berpenampilan seseorang. Karena bagaimanapun penampilan seseorang merupakan refleksi dari kepribadian orang itu sendiri. Fashion menjadi salah satu jawaban bagi manusia untuk merefleksikan kepribadian mereka. Fashion artinya benda-benda dan atribut yang dipakai manusia untuk mengidentifikasikan dirinya secara khusus dan kelompok sosialnya, sebagai satu kesatuan dirinya dengan pikiran atau pernyataan citra diri pribadi ataupun yang sifatnya komunal. Benda-benda tersebut bisa berarti gaya pakaian, rambut, kendaraan, atau apa saja yang dipandang sebagai identitas setiap diri pribadi atau kelompok. Fashion merupakan bagian terpenting dari gaya hidup suatu masyarakat.

1.2 Jastivikasi Kepemilikan Bisnis
Pengembangan bisnis secara elektronik atau yang disebut dengan e-Businessatau e-Commerce merupakan solusi yang cukup tepat pada saat ini. Dengan pemanfaatan teknologi internet, diharapkan transaksi bisa dilakukan tidak hanya secara konvensional tetapi juga online sehingga tidak terbatasi oleh jarak, ruang dan waktu serta dapat menjangkau segala kepentingan dan kebutuhan yang ada. e-Business atau e-Commerce diharapkan juga mampu menjawab adanya kecenderungan pasar untuk mendapatkan informasi, barang dan jasa secara berkualitas.Dari latar belakang diataslah yang mendasari berdirinya “Boutique Pink” dikelola dengan model pengelolaan dan pemasaran berbasis teknologi informasi yang meliputi kegiatan-kegiatan transaksi jual beli, pemasaran, order taking, pengiriman dan pelayanan pelanggan.

1.3   Tujuan Bisnis
Adapun tujuan yang akan dicapai, antara lain:
*      Memperoleh keuntungan usaha sebanyak mungkin baik secara konvensional maupun menggunakan teknologi informasi dan komunikasi melalui jaringan internet.
*      Memberikan warna baru dalam dunia Fashion bagi para remaja dan wanita dewasa di Serang khususnya dan masyarakat umumnya dengan harga yang kompetitif dan terjangkau.
*      Menghasilkan produk yang unik karena merupakan dari baju berkualitas tinggi . Sehingga menimbulkan kesan eksklusif karena jumlah produk yang terbatas untuk per itemnya.
Dari tujuan program diatas diharapkan dapat membuka peluang bisnis baik konvensional maupun dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (e-Business atau e-Commerce) dengan cara menciptakan atau menjadi produk yang berkualitas tinggi, eksklusif dengan harga yang kompetitif dan mampu bersaing dan dapat dinikmati oleh Wanita remaja dan dewasa sekaligus mampu memanjakan para pecinta Fashion khususnya di Kota Serang atau di kota-kota lainya dimanapun berada.


BAB II
ANALISIS PRODUK

2.1 Produk yang Dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
*      Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
*      Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
*      Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.

2.2 Kegunaan Produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
*      Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
*      kualitas produk terjamin
*      sesuai dengan selera masyarakat

2.3 Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha butik ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Butik ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.

BAB III
ANALISIS PASAR

3.1  Permintaan
Permintaan akan fashion sangat meningkat pesat, karena pakaian yang beredar di masyarakat beragam gaya yang modis, dengan adanya “Boutique Pink” yang beragam gaya, motif, dan style. Dan masih banyak pilihan lain seperti pakaian muslim yang sekarang banyak diminati karna perkembangan fashion yang selalu berinovasi maupun gaya ala barat yang modis otomatis mereka akan penasaran untuk berkunjung ke “Boutique Pink,” hal ini yang akan membuat  penawaran terhadap produk kita tinggi, selain itu juga masih jarangnya  persaingan di tempat ini maka pembeli akan datang dan membeli produk yang kita tawarkan.

3.2  Penawaran
Penawaran akan fashion atau pakaian yang bermutu dengan harga terjangkau, yang dapat menggoda siapa saja yang melintas di Boutique Pink, maka dari itu kami menawarkan ke berbagai kampus dan menyebarkan brosur agar siapa saja yang belum melihat akan penasaran, ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan karena peluang usaha yang tak akan pernah ada matinya.

3.3  Strategi Pemasaran
Pendirian “Boutique Pink” bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan produk fashion bagi semua kalangan remaja, mahasiswa, eksekutif muda, umum dan ibu rumah tangga.
1.   Lokasi Usaha
Lokasi usaha "Boutique Pink" berlokasi di daerah Pakupatan Serang tepatnya di Jl. Raya Jakarta Km. 06 Pakupatan Serang. Dengan memperhatikan beberapa faktor:
*         Faktor pertama, karena di Serang banyak terdapat perumahan dengan mayoritas penduduk beragam sehingga mereka berpotensial memakai busana modern.
*         Faktor kedua, terdapat perguruan tinggi, sekolah-sekolah, kantor, karyawan.

*         Faktor ketiga, merupakan daerah ibu kota provinsi banten, yang pasti akan terus berkembang
*         Faktor keempat, karena harga sewa ruko di daerah Serang masih terjangkau
*         Faktor kelima, di daerah Serang relatif aman
*         Faktor keenam, transportasi mudah karena berada di pinggir jalan raya yang dilewati oleh semua angkutan umum
2. Harga
Harga yang ditawarkan oleh “Boutique Pink” akan menjual produk yang berkualitas tinggi tetapi dengan harga yang terjangkau oleh pembeli.
Berikut adalah harga-harga Produk Love Boutique:
*         Pakaian wanita         : Rp 40.000,- s/d Rp 250.000,-
*         Sepatu                      : Rp 69.000,- s/d Rp 200.000,-
*         Sendal                      : Rp 69.000,- s/d Rp 149.000,-
*         Tas                            : Rp 50.000,- s/d Rp 189.000,-
*         Pernak-pernik           : Rp  3.000,- s/d Rp 50.000,-
3. Segmentasi pasar
Batasan usia   : 17 - 40 tahun
Sasaran           : mahasiswa, ekskutif muda wanita, dan ibu rumah tangga.
Ekonomi          : menengah keatas dan menegah kebawah
Model Pakaian: chic & colorfull.
4. Calon Pelanggan Potensial
Penduduk Serang yang beragam, berpotensi memakai pakaian yang bervariatif apalagi mahasiswi yang sangat up to date mengikuti perkembangan fashion.
5. Konsumen Alternative
Walaupun masyarakat di daerah serang adalah target pasar utama, namun tidak tertutup bagi daerah-daerah sekitar jika ingin berbelanja di Boutique Pink  kami yang pada perkembangannya akan menjadi pelanggan kami.


6. Pemasaran
*         Memberikan diskon kepada pembeli yang membeli dalam jumlah besar
*         Pada saat grand opening memberikan diskon kepada pelanggan sebesar 10%
*         Produk yang berkualitas dengan beraneka ragam harga yang tetap terjangkau oleh pelanggan
*         Lokasi yang strategis dan bersih
*         Pemasaran yang baik dengan brosur, spanduk, barner, dan pemasaran akan dilakukan via shop online (internet) dan blacberry mesenger.
*         Layanan konsumen yang ramah dan prima
*         Desain toko yang unik, berkesan gaul, dan modern
*         Produk dengan design lokal dan import
*         Butik terus menampilkan produk yang lebih terbaru dan lebih unik
   

BAB IV
ANALISIS PRODUKSI

4.1 Proses Produksi
Bahan Bahan nya
*      Kain atau bahan bahan
*      Jahitan
*      Hiasan atau perhiasan untuk baju tersebut
*      Kancing
Cara proses nya
*      Membuat pola 
*      Memecah pola
*      Memotong kain
*      Mengobras kain
*      Menjahit kain
*      Membuat lubang kancing
*      Menghias kain.
*      Memasang kancing.
*      Pressing & packing

4.2 Strategi Produksi
Target dari pendirian butik ini adalah wanita yang mungkin tertarik dan datang ke butik kemudian memesan atau membeli produk kami


BAB V
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA

5.1.  Pemamfaatan Sumber Daya Manusia
Usaha butik ini mampu menyerap tenaga kerja dalam menjaga kelangsungan toko sehari-hari, dimana karyawan bekerja menjaga toko melayani konsumen. Akan tetapi dalam moment bulan/hari-hari tertentu penjaga toko ditambah karna banyaknya konsumen yang berbelanja ke toko, misalkan pada saat bulan ramadhan menghadapi idul fitri atau hari-hari besar lainnya.

5.2. Kualifikasi Sumber Daya yang Dibutuhkan
Untuk Sumber Daya yang dibutuhkan usaha ini tidak begitu rumit, artinya tidak begitu membutuhkan karyawan yang banyak, cukup 1-2 orang saja, usaha ini sudah dapat berjalan karena usaha boutique ini dapat dilakukan tanpa karyawan pun dengan cara mengurus nya sendiri.

BAB VI
ANALISIS KEUANGAN

6.1 Investasi Yang Dibutuhkan
Sebagai sumber awal mula pendirian Boutique Pink yaitu dari pemilik Butik sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan

6.2  Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
Rp.   90.000.000,-
Kulakan baju grosir
Rp. 500.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
Rp.     7.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama
Rp.   55.000.000 ,-  +
Jumlah Modal Produksi
Rp. 652.000.000,-

2.      Biaya lain-lain
*      Listrik                                                  Rp. 14.000.000,-
*      Asuransi                                              Rp. 10.000.000,-
*      Transportasi                                        Rp.   7.500.000,-
*      Administrasi                                       Rp.   4.500.000,-
*      Pajak                                                   Rp.   2.750.000,-
*      Pemeliharaan gedung dan peralatan   Rp. 5.000.000,-+

*      Jumlah biaya lain-lain                          Rp. 43.750.000,-
*      Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
*      Jumlah modal produksi                        Rp. 700.000.000,-
*      Jumlah biaya lain-lain                          Rp.   50.750.000,-    +
*      Total                                                     Rp. 750.750.000

6.3 Proyeksi Aliran Kas
Untuk butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 970 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

6.4 Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
Biaya tetap
1.      Penyusutan gedung dan peralatan
Rp.   7.000.000,-
2.      Gaji pegawai
Rp. 70.000.000,-
Jumlah
Rp. 77.000.000,-
Biaya variable/ produksi
Kulakan baju grosir
Rp. 500.000.000,-
Jumlah 
Rp. 500.000.000,-
Biaya-biaya lain
1.   Listrik                                     
2.   Asuransi                                             
3.   Transportasi    
4.   Administrasi
5.   Pajak               
Rp. 14.000.000,-
Rp. 10.000.000,-
Rp.   7.500.000,-
Rp.   4.500.000,-
Rp.   2.750.000,-
Total Modal produksi
Rp. 43.750.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 750.750.000,-
Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan fashion
Rp. 970.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 970.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran

Rp. 970.000.000,-
Rp. 750.750.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 219.250.000,-

BAB VII
PENUTUP

7.1  Kesimpulan
Kelayakan suatu usaha dapat dilihat dari berbagai macam aspek. Aspek-aspek tersebut saling berkaitan karena saling mendukung untuk keberlangsungan usaha yang dijalankan. Yang lebih penting adalah dukungan biaya operasional untuk menjalankan usaha tersebut. Sebuah usaha didirikan untuk mencapai tujuannya yaitu memberikan manfaat secara maksimal kepada pemilik usaha. Jika usaha tersebut telah memberikan manfaat maka usaha tersebut layak untuk dijalankan. Beberapa indikator yang digunakan untuk mengetahui kelayakan usaha antara lain adalah kelayakan dari aspek teknis dan teknologi, pasar dan pemasaran serta keuangan. Aspek keuangan dihitung berdasarkan nilai Payback Period (PP) Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Profitability Index (PI). Beberapa indikator aspek keuangan tersebut merupakan penghitungan berdasarkan nilai waktu.

7.2  Saran
*      Mengoptimalkan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya
*      Memperluas pemasaran dengan banyak membuka cabang
*      Menambah barang yang lebih beragam dan tentunya up to date
*      Mengamati perkembangan dunia fashion baik nasional ataupun internasional


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar :

  1. FBS Indonesia Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSid007

    BalasHapus
  2. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu H.UMAR KHUSNAN hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi H.UMAR KHUSNAN. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih PAK H.UMAR saya tidak akan melupakan jasa PAK H.UMAR. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus