Proposal Skripsi FISIP : TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PENEBANGAN HUTAN SECARA LIAR DI DESA PAYA MENGENDRANG KECAMATAN WOYLA TIMUR KABUPATEN ACEH BARAT

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Penebangan hutan secara liar saat ini sedang marak terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di daerah Kalimantan. Karena di daerah itulah terdapat banyaknya hutan hutan. Penebangan hutan secara liar juga bisa membuat mereka sendiri celaka karena ulah mereka.
Sebenarnnya penebangan hutan secara liar itu sama sekali tidak baik untuk lingkungan kita, karena bisa membuat pohon pohon di hutan menjadi gundul. Tetapi mengapa masih saja banyak warga yang tidak peduli pada pohon pohon di hutan, padahal mereka sudah mengetahui akibat nya tetapi itu semua di karenakan karena ke serakahan dan keegoisan manusia, karena manusia mempunyai sifat egois.
Sebab dari penebangan hutan secara liar salah satunya karena, ekonomi warga sekitar yang kurang, dan akhirnya mereka menebang pohon secara liar untuk di jual dan dijual hasilnya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka. Tetapi itu semua karena mereka menebang pohon selalu dengan jumlah yang banyak, apabila saja mereka bisa merubah diri. Bukan berarti tidak boleh menebang pohon, tapi marilah apabila menebang pohon janganlah terlalu banyak karena bisa merugikan warga warga yang ada di sekitar itu.
Dan di samping sebab juga ada akibat yang bisa di sebabkan oleh penebangan hutan secara liar antara lain, banjir, tanah longsor dan lain lain. Banjir bisa terjadi apabila misalnya ada hujan yang besar air itu langsung turun ke pemukiman warga tanpa di serap oleh pohon, karena pohon pohon itu sudah di tebang. Apabila pohon tidak ada maka air tidak akan meresap ke dalam pohon.
Akan tetapi, banyaknya yang kita temukan di lapangan yang kurang peduli dengan pelestarian hutan, padahal jika terjadi banjir, longsor dsb kita juga yang merasakan efeknya, jangankan kita, hewan-hewan dan tumbuhan pun ikut punah disebabkan oleh ulah kita sendiri.
Penebangan hutan secara liar di saat ini adalah meraja rela sehingga meresahkan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, sehingga dapat berdampak buruk. Penebangan hutan secara liar dapat merusak ekosistem maka oleh karena itu jangan sekali-sekali mencari keuntungan dengan cara menebang pohon secara liar.
Maka oleh karena itu lestarikan hutan-hutan yang ada di sekitar kita, umumnya negara kita Indonesia banyak hutan-hutan yang menghiasi daerah-daerah Indonesia dengan bermacam ragam warna. Dengan adanya hutan yang kita lestarikan, kita dapat merasakan udara yang segar dan sejuk sehingga dapat memelihara kesehatan kita dalam beradaptasi dengan lingkungan kita.
Hutan merupakan suatu tempat hewan-hewan berlindung dan tempat habitatnya/tempat tinggal. Apakah kita tidak memikirkan makhluk-makhluk lainnya seperti hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan, mereka butuh tempat tinggal juga seperti kita. Maka oleh karena itu, lestarikandan budidayakan hutan-hutan agar makhluk lainnya seperti hewan-hewan tidak punah, kalau sudah punah otomatis bibit-bibitnya tidak ada lagi.
Banyak sekali orang-orang diindonesia yang telah menebang pohon-pohon di hutan. sebetulnya pohon-pohon di hutan ini sangat berguna bagi kita semua agar kita bisa menghirup udara segar dan agar tidak terjadi berbagai macam bencana alam. seperti banjir,tanah longsor,tsunami,DLL. Selain itu juga polusi berbagai macam polusi dapat membuat kerusakan atau penyakit polusi tanah akan membuat tumbuhan di sekitar layu rusak dan tidak bisa tumbuh dengan subur polusi udara bisa menyebabkan sebagian orang-orang disekitar terserang penyakit.
Oleh karena itu marilah kita mengajak semua kalangan masyarakat untuk sama-sama menjaganya dan kita cegah penebangan liar. Untuk kita kedapatan menebang pohon secara liar oleh pihak-pihak tertentu, kita jangan tinggal diam langsug kita melaporkan ke pihak yang berwenang agar dapat mengambil tindakan baik itu sanksi maupun lainnya. Hal ini demi keselamatan kita bersama
Desa Paya Mengendrang adalah sebuah Desa yang terletak di pinggiran sungai dan areal perbukitan. Masyarakat Desa Paya Mengendrang mayoritasnya berprofesi sebagai petani atau pekebun, tingginya angka penebangan hutan secara liar di Desa ini menyebabkan banyak masyarakat kehilangan lokasi mata pencaharian, sawah yang merupakan sumber penghasilan bagi mereka terpaksa harus lenyap begitu saja akibat erosi sungai. Hal ini terjadi karena sebagian sawah milik mereka berada di pinggiran sungai. Namun demikian, tidak membuat mereka sadar atas sikap mereka terhadap penebangan hutan secara liar, hal ini dapat kita lihat dari aktifitas mereka yang masih saja melakukan penebangan daerah perbukitan untuk di tanami tanaman lainnya seperti sawit. Berdasarkan permasalahan inilah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Penebangan Hutan Secara Liar di Desa Paya Mengendrang Kecamatan Woyla Timur Kabupaten Aceh Barat”

2.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan masalah ’’Bagaimana Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Penebangan Hutan Secara Liar di Desa Paya Mengendrang Kecamatan Woyla Timur Kabupaten Aceh Barat”

2.3 Tujuan Penelitian
1.Tujuan Umum
Mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat terhadap penebangan hutan secara liar
2.Tujuan Khusus
a. Mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat terhadap penebangan hutan secara liar
b. Mengetahui dampak dari penebangan hutan secara liar tersebut
c. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya pelestarian hutan

2.4 Manfaat Penelitian
Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi semua pihak yang terkait antara lain :
1. Bagi Peneliti
Sebagai tambahan pustaka dalam bidang kesehatan lingkungan khususnya pelestarian hutan.
2. Bagi Instansi Terkait
Sebagai bahan masukan bagi instansi terkait dalam memelihara kelestarian hutan
3. Bagi Masyarakat
Dapat meningkatkan kesadaran akan bahayanya penebangan hutan secara liar.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :

  1. If you're looking to lose weight then you have to try this totally brand new custom keto meal plan.

    To create this keto diet service, licensed nutritionists, personal trainers, and cooks have united to provide keto meal plans that are effective, suitable, price-efficient, and delicious.

    Since their grand opening in 2019, thousands of individuals have already remodeled their figure and health with the benefits a smart keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-certified ones provided by the keto meal plan.

    BalasHapus